BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Desentralisasi tidak lagi suatu konsep tetapi mulai diimplementasikan pada semua tingkat manajemen, tidak terkecuali pada tatanan kelembagaan sistem maupun satuan pendidikan, baik pada jalur pendidikan formal maupun nonformal, dilingkungan persekolahan atau diluar persekolahan. Implementasi pada tatanan kelembagaan pendidikan sungguh sangat berarti, karena fungsi dan peranan kelembagaan tersebut sangat stratejik dalam pembangunan peradaban bangsa.
Pada bab ini, kita akan mencoba mempelajari dua aspek penting, yaitu: makna yang hakiki desentralisasi dalam manajemen pendidikan, dan ruang lingkup desentralisasi dalam administrasi dan manajemen pendidikan.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, maka yang menjadi permasalahan dan diungkapkan dalam makalah ini adalah :
1 Apakah Pengertian Desentralisasi Sistem Pendidikan Nasional?
2 Apakah Hakikat Desentralisasi Manajemen Pendidikan?
3 Bagaimanakah Proses Organisasi Kelembagaan Pendidikan?
4 Apa Sajakah Ruang Lingkup Desentralisasi Manajemen Pendidikan?
5 Bagaimanakah Konsep Umum Standarisasi Mutu Sarana dan Prasarana Pendidikan?
6 Apakah Prinsip-prinsip dalam Pengembangan dan Inovasi Sarana dan Prasarana Pendidikan?
1.3.Manfaat
Dengan dibuatnya makalah ini diharapkan pembaca dapat memperoleh informasi mengenai Desentralisasi Sistem Pendidikan Nasional, dengan demikian semoga mahasiswa akan dapat memahami lebih jauh dan tidak buta akan desentralisaii pendidikan yang ada di lembaga pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar