Pages

Subscribe:

Selasa, 22 Januari 2013

makalah DESENTRALISASI (penutup)


BAB III
PENUTUP
3.1.  Kesimpulan
Secara umum tujuan desentralisasi manajemen di dalam kehidupan berorganisasi adalah untuk meningkatkan efisiensi manajemen dan kepuasan kerja pegawai melalui pemecahan masalah-masalah yang berhubungan langsung dengan daerah lokal. Dengan demikian desentralisasi manajemen pendidikan adalah pelimpahan wewenang dari pemerintah kepada daerah untuk membuat keputusan manajemen dan menyusun perencanaan sendiri dalam mengatasi masalah pendidikan, dengan mengacu kepada sistem pendidikan nasional.

Tiga model desentralisasi pendidikan:
1.      Manajemen berbasis lokasi ( site-based management) ialah model yang dilaksanakan dengan meletakan semua penyelenggaraan pendidikan pada sekolah.
2.       Pengurangan administrasi pusat merupakan konsekuensi dari model pertama. Pengurangan administrasi pusat diikuti dengan peningkatan wewenang dan urusan pada masing-masing sekolah.
3.       Inovasi kurikulum bertujuan meningkatkan kualitas dan persamaan hak bagi semua peserta didik. Kurikulum ini disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik di sekolah-sekolah dan tersebar pada daerah yang bervariasi.

Substansi desentraslisasi dalam bidang manajemen pendidikan, paling sedikit berkenaan dengan aspek-aspek:
a.       Perundang-undangan pendidikan
b.       Struktur organisasi dan kelembagaan pendidikan
c.        Pengembangan kurikulum pendidikan
d.       Profesionalitas tenaga kependidikan
e.       Sarana dan prasarana pendidikan
f.         Pembiayaan pendidikan

3.2. Saran
Desentralisasi sistem pendidikan berhubungan erat dengan sistem otonomi daerah dan sumber daya manusia yang berkompeten untuk menjadikan sistem pendidikan lebih berkualitas dan berkuantitas. Jadi Sumber Daya Manusia (SDM) harus disiapkan secara optimal misalkan dengan menumbuhkan bibit unggul sejak dini. Diharapkan bibit unggul ini dapat menjadi suatu wadah untuk generasi penerus (generasi muda) untuk mempu bersaing dalam globalisasi dunia terutama di dunia pendidikan. Selain itu, sarana dan prasarana adalah sebagai sistem penunjang dan pelengkap untuk memenuhi pendidikan yang lebih bermutu tinggi. Oleh karena itu, keduanya merupakan suatu komponen dasar dalam sinergitaas desentralisasi pendidikan

0 komentar:

Posting Komentar