Pages

Subscribe:

Kamis, 21 Agustus 2014

PROPOSAL KKN TEMATIK POSDAYA UNSWAGATI CIREBON




LEMBAR PENGESAHAN

Proposal ini disusun dalam rangka membantu kelancaran operasional / pelaksanaan KKN POSDAYA Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon Semester 7 (tujuh) 2014 / 2015 di Desa Suci, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.



            Cirebon,   Agustus 2014

Koordinator Mahasiswa Desa




Hengki Setiawan
   NPM. 111050170
Sekretaris




Rima Anesti
NPM. 111060051


Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan

                               

Dwiniasih, S.Pd., M.Pd.





PENDAHULUAN

Pembangunan di Indonesia ditujukan ke semua bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan, ekonomi,dan sosial(pemberdayaan lingkungan). Hal ini belum mampu dipenuhi oleh pemerintah secara optimal, dikarenakan kurangnya keikutsertaan fungsi keluarga sebagai pendidikan dasar bagi masing-masing individu.  Pembangunan pada tiga bidang tadi  sangat berpengaruh dalam membangun masyarakat Indonesia. Pendidikan tiap manusia Indonesia menunjang kemajuan bangsa di berbagai bidang. Peran serta dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk membangun dan mengembangkan ketiga bidang tersebut, termasuk oleh pihak akademisi termasuk mahasiswa.
Universitas Swadaya Gunung Jati sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berada di kawasan kabupaten Cirebon memiliki kewajiban untuk berperan serta secara aktif dalam pembangunan di bidang kelembagaan pendidikan,  ekonomi serta, sosial(pemberdayaan lingkungan). Peran serta tersebut bukan hanya dilakukan oleh mahasiswanya saja, namun juga masyarakat di sekitar kampus ataupun masyarakat luas. Salah satu bentuk peran serta aktif tersebut adalah dengan diadakannya Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unswagati dan dilaksanakan oleh mahasiswa Unswagati yang dilaksanakan di Kabupaten Cirebon.
Desa Suci sebagai salah satu desa di kecamatan Mundu secara demografis memiliki banyak potensi, diantaranya yang dominan adalah di bidang industri, dan kewirausahaan. Namun, pada kenyataan yang diperoleh di lapangan, berbagai potensi tersebut selama ini belum dapat dioptimalkan dengan baik oleh masyarakat terkait, ditambah lagi beberapa bidang masih belum optimal. Diantaranya, Pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Untuk itu berdasarkan permasalahan di atas, dilaksanakanlah program oleh tim Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) Desa Suci Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon sebagai salah satu upaya untuk mengoptimalkan fungsi keluarga sebagai anggota masyarakat.

I.             NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga  (KKN POSDAYA) Universitas Swadaya Gunung Jati Tahun 2014.
II.          DASAR KEGIATAN

Dasar kegiatan dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah :
A.          Undang-Undang Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendididkan Nasional.
B.           Peraturan Pemerintah Nomor : 17 Tahun 2010 jo. PP Nomor 66 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan.
C.           Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor : 2 Tahun 2009 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2008-2013.
D.          Naskah Kesepahaman antara Yayasan Dana Sejahtera Mandiri dengan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon Nomor : 060/MOU/YDSM/XI/2012 tentang Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat melalui KKN Tematik Posdaya.
E.           Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor : 423./Kep.901-Yansos/2011 Tentang Forum Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Perguruan Tinggi Se-Jawa Barat.

III.       TUJUAN DAN MANFAAT KEGIATAN

A.          Tujuan KKN
Tujuan penyelenggaraan KKN Tematik-Posdaya antara lain :
-          Pengembangan dan peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswa sehingga memiliki kepedulian dan kemampuan untuk mengkaji, merumuskan dan memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan yang berbasis kompetensi, profesional, pragmatis dan interdisipliner.
-          Dicapainya akselerasi dan efektivitas program pembangunan yang ditandai oleh semakin baiknya kualitas kehidupan masyarakat dan semakin meningkatnya partisipasi dan keberdayaan masyarakat dalam program pembangunan.
-          Terintegrasikan peran-Perguruan Tinggi, Pemerintah dan masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.
-          Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa dalam mempelajari dan mengatasi permasalahan masyarakat dengan membantu menyusun rencana dan mendampingi pelaksanaan program yang inovatif dan kreatif bersama masyarakat dan lembaga pedesaan/kelurahan lainnya.

B.           Manfaat Kegiatan
Manfaat dari kegiatan ini adalah sebagi wadah, sarana atau forum yang dapat mendukung pelaksanaan dan peningkatan kemampuan fungsi-fungsi keluarga, sehingga memiiki ketahanan sosial dan ekonomi yang memadai dari seluruh anggotanya. Sarana ini diharapkan dapat menjadi ajang bagi semua anggota untuk aktif berpartisipasi dalam membantu memecahkan masalah-masalah keluarga sehingga terpenuhi kebutuhan bersama.
IV.             TEMA KEGIATAN


“Pemberdayaan potensi lokal dalam rangka meningkatkan IPM Kabupaten Cirebon”


V.          PELAKSANAAN

Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) Desa Suci akan dilaksanakan pada :
Waktu             : 12 Agustus - 17 September 2014
Tempat            : Desa Suci, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

VI.       SASARAN

Sasaran kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA), yaitu:
1.      Meningkatnya percepatan  pembangunan masyarakat provinsi Jawa barat yang meliputi a) peningkatan kualitas pendidikan. b) peningkatan kualitas kesehatan. c) peningkatan daya beli masyarakat. d) kemandirian pangan. e) peningkatan daya kerja aparatur. f) peningkatan infrastruktur wilayah. g) kemandirian energi dan kecukupan air baku. h) penangganan bencana dan pengendalian lingkungan hidup. i) pembangunan perdesaan. J) pengembangan budaya lokal,wisata dan destinasi wisata.
2.      Memberikan pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa tentang penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi secara interdispliner dalam memecahkan masalah – masalah dalam pemberdayaan masyarakat  serta menumbuhkan dan mengembangkan keperdulian dan tanggungjawab sosial terhadap kemajuan masyarakat.
3.      Meningkatannya kemampuan berpikir dan bertindak warga masyarakat dalam memecahkan masalah serta memenuhi kebutuhan hidup dan penghidupannya serta kemampuan untuk merencanakan , melaksanakan dan mengevaluasi program – program pembangunan di daerahnya.
4.      Meningkatan kemampuan dan partisipasi Perguruan Tinggi untuk kekerjasama dengan pemerintah maupun pihak – pihak lainnya dalam pembangunan masyarakat . Disamping itu juga KKN Tematik – Posdaya dapat memberi masukan bagi pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan pembanguanan.
5.      Tercapainya perubahan kerah pembangunan masyarakat  yang lebih maju, kreatif dan produktif. Sehingga terwujud kondisi sosial ekonomi yang dirasakan lebih harmonis.
6.      Meningkatnya pengertian, penghayatan dan pengalaman mahasiswa tentang cara berpikir dan bekerja interdispliner dan lintas sektoral, kegunaan hasil pendidikan bagi pembangunan, dan kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan serta keseluruhankonteks masalah pembangunan pengembangan daerah.
7.      Meningkatnya kedewasaan alam pikir mahasiswa dalam penelaah dan pemecahan masalah yang ada di masyarakat secara pragmatis.
8.      Terbentuknya Posdaya sebagai  sarana pemberdayaan  keluarga dan penduduk untuk pengembangan SDM pengentasan kemiskinan.
9.      Terbentuknya pengurus Posdaya melalui fasilitas yang diberikan atau diupayakan oleh mahasiswa yang dilakukan melalui pemanfaatan potensi SDM dan sumber daya lainnya  yang ada di sekitar mereka.
10.  Unswagati lebih terarah dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat dengan adanya umpan balik sebagai hasil intergrasi antara mahasiswa dengan masyarakat.

VII.  KONDISI DAERAH SASARAN KKN
7.1 Lokasi Pelaksanaan
Lokasi tempat KKN bertempat di Desa Suci Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, dengan batas-batas sebagai berikut:
Sebelah utara         : Desa Mundu Pesisir
Sebelah selatan      : Desa Banjar
Sebelah barat         : Desa Kalijaga
Sebelah timur        : Desa Mundu Pesisir
7.2 Analisis Situasi dan Kondisi
Kondisi secara umum Desa Suci berdasarkan hasil obsevasi lapangan adalah sebagai berikut:
·         Jumlah warga
Jumlah warga di Desa Suci tergolong lebih sedikit dibandingkan di beberapa desa di Kecamatan Mundu dengan jumlah sebanyak 3205 jiwa.
·         Pendidikan
Pendidikan masyarakat di desa Suci sudah mulai tumbuh dengan baik, hal ini dibuktikan dengan keinginan masyarakat untuk sekolah minimal SMA. Namun tidak dipungkiri bahwa masih ada penduduk yang buta aksara, namu hal ini hanya berjumlah 115 orang dari seluruh penduduk di desa suci.
·         Pekerjaan
Sebagian besar warga di Desa Suci bekerja sebagai buruh di pabrik-pabrik dan sebagian lagi bekerja sebagai petani di desanya. Hal ini mengakibatkan suasana lengang ketika menjumpai suasana desa ketika pagi sampai siang hari.
·         Kondisi ekonomi
Perekonomian di Desa Suci termasuk ke dalam desa yang pertumbuhan ekonominya baik, hal ini terbukti dengan kondisi bangunan rumah di tiap-tiap kepala keluarga. Dimana hampir setiap rumah bisa dikategorikan rumah layak huni.
·         Sosial budaya
Kehidupan sosial budaya di Desa Suci sangat baik dikarenakan jiwa gotong royong yang masih kental dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan dalam pendirian sebuah rumah, masyarakat bergotong royong dalam mendirikan rumah yang akan dibangun. Selain itu, ketika diadakan kerja bakti dalam pembersihan keadaan lingkungan maka dengan satu komando dari ketua RW atau Perangkat desa, masyarakat akan ramai-ramai melaksanakan kegiatan tersebut.
·         Kondisi pengamalan ibadah
Untuk keadaan pengamalan ibadah sudah cukup baik dikarenakan tempat-tempat ibadah di Desa Suci sudah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar. Jadi, pengamalan ibadah tidak perlu dipertanyakan lagi.
·         Jumlah masjid dan mushola
Untuk jumlah masjid di Desaada 1 dimana letaknya sangat strategis yaitu di seberang jalan utama dan mushola sudah ada beberapa yang terletak di blok masing-masing dengan posisi yang startegis pula.
Bidang kegiatan yang dipilih dapat dijelaskan sebagai berikut:
Bidang
Kondisi di Desa Suci
Pendidikan
Pendidikan secara garis luar sudah baik, tetapi ketika dilihat lebih seksama ternyata ada beberapa kelemahan mulai dari sarana dan prasarana, SDM, teknik mengajar,dll.
Lingkungan
Secara sekilas kondisi lingkungan sudah bersih, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipehatikan. Mulai dari ketersediaan TPA, tong sampah yang berbeda untuk sampah organic dan anorganik, pemanfaatan lahan kosong dll.
Ekonomi
Jiwa wirausaha yang ada di masyarakat baru mulai tumbuh dan belum berkembang secara maksimal. Hal ini dibuktikan dengan pekerjaan warga yang sebagian memilih sebagai pekerja bukan pemilik lapangan pekerjaan (wirausaha).

7.3 Analisa Permasalahan
Analisis situasi kondisi (SWOT) bidang kegiatan yang akan dilaksanakan :
A.    Pendidikan
·         Strength (Kekuatan)
Paradigma masyarakat tentang pentingnya pendidikan sudah ada
·         Weakness (Kelemahan)
Sarana, prasarana, SDM dan teknik mengajar
·         Opportunity (Peluang)
Bisa menjadi desa yang maju secara IPTEK
·         Treath (Ancaman)
Paradigma tentang sekolah kota lebih baik

B.    Lingkungan
·         Strength (Kekuatan)
Tingkat kebersihan lingkungan yang sudah baik
·         Weakness (Kelemahan)
Tempat pembuangan sampah akhir yang belum ada dan pembedaan terhadap sampah organik dan anorganik.
·         Opportunity (Peluang)
Pemanfaatan sampah organik untuk pembuatan pupuk kompos dan anorganik (plastic)  untuk dijual.
·         Treath (Ancaman)
Tidak adanya tempat pembuangan akhir untuk sampah.

C.    Ekonomi
·         Strength (Kekuatan)
Masyarakat sudah mulai mau untuk berwirausaha
·         Weakness (Kelemahan)
Permodalan dan sistem pemasaran
·         Opportunity (Peluang)
Muncul pengusaha-pengusaha muda yang dapat membangun perekonomian desa
·         Treath (Ancaman)
Permodalan dan pengembangan usaha kecil

2.2. Langkah Pemecahan Masalah
Langkah-langkah pemecahan masalah dengan memperhatikan situasi kondisi yang ada di lokasi KKN, yaitu:
No.
Bidang
Langkah-langkah pemecahan masalah
1.
Pendidikan
·         Melakukan observasi ke lembaga-lembaga pendidikan yang ada.
·         Mencari permasalahan yang dihadapi.
·         Memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada.
·         Merealisasikan solusi yang sudah ditemukan.
3.
Lingkungan
·         Melakukan observasi ke lingkungan sekitar desa.
·         Meneliti permasalahan yang ada terkait lingkungan.
·         Memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada dan mungkin untuk dilaksanakan.
·         Merealisasikan solusi yang sudah ditemukan.
4.
Ekonomi
·         Melakukan observasi ke lingkungan desa.
·         Mencari permasalahan yang ada.
·         Memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada.
·         Merealisasikan solusi yang sudah ditemukan.

VIII RENCANA PROGRAM KERJA

Terlampir
SUSUNAN TIM KKN
Terlampir
ANGGARAN DANA
Terlampir
PENUTUP

Keberhasilan program kerja Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) ini tidak hanya bergantung pada tim Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) semata namun sangat bergantung pada kerjasama semua pihak yang terkait.  Oleh karena itu bantuan dan dukungan baik moril maupun material sangat kami harapkan.









Lampiran I
SUSUNAN TIM KKN POSDAYA
DESA SUCI KECAMATAN MUNDU
KABUPATEN CIREBON

Penanggung jawab                               : Prof. Dr. H. Rochanda Wiradinata, MP
                                                                (Rektor Unswagati)
Penasehat                                              : Kepala Desa Suci, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon
Koordinator Mahasiswa Desa              : Hengki Setiawan
                                                                (Pendidikan Bahasa Indonesia)                       
Sekretaris                                              : Maya Pertiwi                       
                                                                (Pendidikan Bahasa Indonesia)
Bendahara                                            : Yulinda Dwi Anggraeni
                                                                (Fakultas Akuntansi)
Penanggung Jawab Bidang                  :
-Lingkungan                                         : Resty Cahyani (Pendidikan Ekonomi)
    Herfien A F (Administrasi Negara)
   Nur Alita Fauziah (Administrasi Negara)
   Nourma Deavianty (Ilmu Komunikasi)
   Heryanto (Pendidikan Ekonomi)
-Pendidikan                                          : Roysmanto (Pendidikan Bahasa Inggris)
                                                                 Dewi Sri W. (Pendidikan Matematika)
                                                                 Endah P (Pendidikan Ekonomi)
                                                                 Ika N. A. (Pendidikan Matematika)
                                                                 Rima Anesti (Pendidikan Bahasa Inggris)
                                                                 Astri S. K (Pendidikan Bahasa Indonesia)
-Ekonomi                                              : Bowo Agung N. (Manajemen)
                                                                 Ahenda Wijaya (Akuntansi)
                                                                 Jodan C. (Akuntansi)
                                                                 Winda Aristiarini (Manajemen)
                                                                  Awan Sari (Akuntansi)
                                                                  Tri Subono (Agribisnis)
                                                 






















No.
Bidang
Permasalahan
Alternatif Solusi
Usulan Kegiatan
1.
Pendidikan
Anak-anak kurang bisa berbahasa inggris
Memberikan pelatihan berbahasa inggris
Pelatihan bahasa inggris
2.
Pendidikan
Pembekalan baca, tulis dan hitung yang kurang maksimal pada anak-anak
Memberikan pelatihan baca, tulis dan hitung
pelatihan baca, tulis dan hitung

3.
Pendidikan
Pemuda tidak memiliki keahlian khusus
Memberikan pelatihan computer
Pelatihan computer dasar
4.
Ekonomi
Ketergantungan masyarakat terhadap pekerjaan sebagai buruh
Mengadakan seminar kewirausahaan
Seminar kewirausahaan
5.
Ekonomi
Tidak terdapat koperasi unit desa
Menggerakan masyarakat untuk membuat koperasi
Sosialisasi dan pembuatan koperasi
6.
Lingkungan
Ketidaktahuan masyarakat tentang sampah organik dan non-organik
Memberikan penyuluhan tentang sampah organik dan non-organik
Penyuluhan tentang sampah organik dan non-organik
7.
Lingkungan
Tidak terdapat tempat sampah yang bebeda untuk sampah organik dan non-organik
Membuat tempat sampah organik dan non-organik
Pembuatan tempat sampah organik dan non-organik
8.
Lingkungan
Tidak terdapat tanaman obat-obatan herbal di pekarangan warga
Membuat apotik hidup di sebuah pekarangan
Pembuatan  apotik hidup di sebuah pekarangan
9.
Lingkungan
SDM di posyandu yang kurang
Menambah jumlah SDM di posyandu
Ikut dalam pelaksanaan layanan posyandu yang ada
LAMPIRAN II
PROGRAM KERJA KKN POSDAYA

1.      PROKER DAN PENJELASANNYA








2.      PROKER DAN WAKTU PELAKSANAANYA

1.             Program Kerja Bidang Pendidikan
NO
PROKER
KET.
WAKTU
TEMPAT
JAM
1
Program Bimbel
Calistung
Senin s/d Rabu
Posko
16.00-17.30
B. Inggris
Matematika
2
Rumah Pintar
B. Inggris
Kamis s/d Jumat
SDN
14.00-17.00
Matematika
Calistung
3
Ayo Mengaji
Pemberian pengajaran ilmu Tajwid pada masyarakat
senin s/d Jumat
Musholah
18.00 -19.00
4
Pengajaran SDN
Memberikan bantuan tenaga pengajar di SDN 1 Suci
Senin, Rabu, Jumat
SDN 1 Suci
09.00-10.00
5
Perintisan "KPI" (Komunitas Pecinta Ilmu)
Pembetukan organisasi pecinta ilmu di desa suci.
20 Agustus 2014
Karang Taruna
20.00- 21.30
6
Musholah International
Pemberian pengajaran B.Inggris di mushola
Selasa dan Kamis
Mushola
19.30-20.30






2.  Program Kerja Bidang Ekonomi


No
Kegiatan
Ket.
Waktu
tempat
Jam
1
Seminar kewriausahaan
Memberikan penyuluhan terhadap ibu-ibu PKK tentang kewirausahaan
19-08-14
Pelataran kantor kuwu
13.00-Selesai
2
Pelatihan keterampilan ibu PKK
Pembuatan kerajinan tangan kain “panel”
21-08-14
Ruang PKK
20.00/21.30
3
Pelatihan pembuatan dodol mangga
Pemanfaatan buah mangga di daerah sekitar
23-08-14
Posko KKN Suci
14.00-17.00
4
Pencarian “link” penjualan hasil produksi rumahan
Membantu pemasaran produksi
01-09-14
Pelataran MASJID Suci
15.30-17.00
5
Peritisan koperasi unit desa (KUD)
Membantu pemerintah desa dalam membangun KUD
04-09-14
Balai Desa Suci
20.00-22.00




3.   Program Kerja Bidang Lingkungan

No
Kegiatan
Ket.
Waktu
tempat
Jam
1
Penyediaan tempat sampah
Menyediakan tempat sampah di setiap blok
20-08-14

08.00-12.00
2
Pemanfaatan lahan kosong untuk sayuran
Penanaman Sayur bayam dan kangkung di pekarangan warga
22-08-14
Pelataran Masjid Desa Suci
10.00-15.00
3
Pelatihan Lubang Resapan Biopori (LRB)
Memberikan pengarahan pembuatan lubang resapan air.
25-08-14
Posko
10.00-12.00
4
Penyuluhan tentang sampah organik dan anorganik
Membantu masyarakat dalam pengolahan sampah
30-08-14
Posko
16.00-17.30
5
Penyediaan apotik hidup
Pemanfaatan lahan kosong dengan menanam tanaman obat.
31-08-14
Pekarangan Masjid Desa Suci
14.00-17.30





















LAMPIRAN III

ANGGARAN DANA
KKN TEMATIK POSDAYA TA. 2014/2015
UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON


  1. Bidang Pendidikan
-          Alat tulis         :                                                           Rp.   50.000,-
-          Papan Tulis : 3X@ Rp. 60.000,-                                 Rp. 180.000,-
-          Kertas A4  :                                                                 Rp.   40.000,-
-          Spidol : 4X@ Rp. 3000,-                                            Rp.   12.000,-
-          Isi tinta printer :                                                          Rp.   40.000,-
-          Service Printer :                                                           Rp. 150.000,-
-          Terminal :                                                                    Rp. 150.000,-
-          Amplop :                                                                     Rp.   12.000,-
-          Spanduk Kegiatan KKN : 2X@ Rp. 38.000,-             Rp.   76.000,-
TOTAL:                                                                           RP.  710.000,-

  1. Bidang Lingkungan
-          Tempat sampah 15X@30.000,-                                  Rp. 450.000,-             
-          Pembelian bibit tanaman bayam dan Kangkung         Rp. 300.000,-
-          Pembelian tanaman obat                                             Rp. 320.000,-
TOTAL:                                                                            Rp.1.070.000,-

  1. Bidang Ekonomi
-          Dana transportasi                                                        Rp. 100.000,-
-          Dana Pemateri                                                             Rp. 200.000,-
-          Pembelian kain panel                                                  Rp. 150.000,-
-          Pembelian alat jahit                                                     Rp.   95.000,-
-          Pembelian Buah mangga                                             Rp. 100.000,-
TOTAL:                                                                           Rp. 645.000,-

REKAPITULASI DANA
1. Bidang Pendidikan     Rp.   710.000,-
2. Bidang Lingkungan   Rp. 1.070.000,-
3. Bidang Ekonomi        Rp.    645.000,-
TOTAL                         Rp.  2.425.000,-

0 komentar:

Posting Komentar