|
Proposal ini disusun dalam rangka membantu kelancaran operasional / pelaksanaan KKN POSDAYA Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon Semester 7 (tujuh) 2014 / 2015 di Desa Suci, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.
Cirebon, Agustus 2014
Koordinator Mahasiswa Desa Hengki Setiawan NPM. 111050170 | Sekretaris Rima Anesti NPM. 111060051 |
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan Dwiniasih, S.Pd., M.Pd. |
|
Pembangunan di Indonesia ditujukan ke semua bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan, ekonomi,dan sosial(pemberdayaan lingkungan). Hal ini belum mampu dipenuhi oleh pemerintah secara optimal, dikarenakan kurangnya keikutsertaan fungsi keluarga sebagai pendidikan dasar bagi masing-masing individu. Pembangunan pada tiga bidang tadi sangat berpengaruh dalam membangun masyarakat Indonesia. Pendidikan tiap manusia Indonesia menunjang kemajuan bangsa di berbagai bidang. Peran serta dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk membangun dan mengembangkan ketiga bidang tersebut, termasuk oleh pihak akademisi termasuk mahasiswa.
Universitas Swadaya Gunung Jati sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berada di kawasan kabupaten Cirebon memiliki kewajiban untuk berperan serta secara aktif dalam pembangunan di bidang kelembagaan pendidikan, ekonomi serta, sosial(pemberdayaan lingkungan). Peran serta tersebut bukan hanya dilakukan oleh mahasiswanya saja, namun juga masyarakat di sekitar kampus ataupun masyarakat luas. Salah satu bentuk peran serta aktif tersebut adalah dengan diadakannya Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unswagati dan dilaksanakan oleh mahasiswa Unswagati yang dilaksanakan di Kabupaten Cirebon.
Desa Suci sebagai salah satu desa di kecamatan Mundu secara demografis memiliki banyak potensi, diantaranya yang dominan adalah di bidang industri, dan kewirausahaan. Namun, pada kenyataan yang diperoleh di lapangan, berbagai potensi tersebut selama ini belum dapat dioptimalkan dengan baik oleh masyarakat terkait, ditambah lagi beberapa bidang masih belum optimal. Diantaranya, Pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Untuk itu berdasarkan permasalahan di atas, dilaksanakanlah program oleh tim Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) Desa Suci Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon sebagai salah satu upaya untuk mengoptimalkan fungsi keluarga sebagai anggota masyarakat.
I. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama “Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA)” Universitas Swadaya Gunung Jati Tahun 2014.
II. DASAR KEGIATAN
Dasar kegiatan dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah :
A. Undang-Undang Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendididkan Nasional.
B. Peraturan Pemerintah Nomor : 17 Tahun 2010 jo. PP Nomor 66 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan.
C. Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor : 2 Tahun 2009 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2008-2013.
D. Naskah Kesepahaman antara Yayasan Dana Sejahtera Mandiri dengan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon Nomor : 060/MOU/YDSM/XI/2012 tentang Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat melalui KKN Tematik Posdaya.
E. Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor : 423./Kep.901-Yansos/2011 Tentang Forum Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Perguruan Tinggi Se-Jawa Barat.
III. TUJUAN DAN MANFAAT KEGIATAN
A. Tujuan KKN
Tujuan penyelenggaraan KKN Tematik-Posdaya antara lain :
- Pengembangan dan peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswa sehingga memiliki kepedulian dan kemampuan untuk mengkaji, merumuskan dan memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan yang berbasis kompetensi, profesional, pragmatis dan interdisipliner.
- Dicapainya akselerasi dan efektivitas program pembangunan yang ditandai oleh semakin baiknya kualitas kehidupan masyarakat dan semakin meningkatnya partisipasi dan keberdayaan masyarakat dalam program pembangunan.
- Terintegrasikan peran-Perguruan Tinggi, Pemerintah dan masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.
- Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa dalam mempelajari dan mengatasi permasalahan masyarakat dengan membantu menyusun rencana dan mendampingi pelaksanaan program yang inovatif dan kreatif bersama masyarakat dan lembaga pedesaan/kelurahan lainnya.
B. Manfaat Kegiatan
Manfaat dari kegiatan ini adalah sebagi wadah, sarana atau forum yang dapat mendukung pelaksanaan dan peningkatan kemampuan fungsi-fungsi keluarga, sehingga memiiki ketahanan sosial dan ekonomi yang memadai dari seluruh anggotanya. Sarana ini diharapkan dapat menjadi ajang bagi semua anggota untuk aktif berpartisipasi dalam membantu memecahkan masalah-masalah keluarga sehingga terpenuhi kebutuhan bersama.
IV. TEMA KEGIATAN
“Pemberdayaan potensi lokal dalam rangka meningkatkan IPM Kabupaten Cirebon”
V. PELAKSANAAN
Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) Desa Suci akan dilaksanakan pada :
Waktu : 12 Agustus - 17 September 2014
Tempat : Desa Suci, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.
VI. SASARAN
Sasaran kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA), yaitu:
1. Meningkatnya percepatan pembangunan masyarakat provinsi Jawa barat yang meliputi a) peningkatan kualitas pendidikan. b) peningkatan kualitas kesehatan. c) peningkatan daya beli masyarakat. d) kemandirian pangan. e) peningkatan daya kerja aparatur. f) peningkatan infrastruktur wilayah. g) kemandirian energi dan kecukupan air baku. h) penangganan bencana dan pengendalian lingkungan hidup. i) pembangunan perdesaan. J) pengembangan budaya lokal,wisata dan destinasi wisata.
2. Memberikan pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa tentang penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi secara interdispliner dalam memecahkan masalah – masalah dalam pemberdayaan masyarakat serta menumbuhkan dan mengembangkan keperdulian dan tanggungjawab sosial terhadap kemajuan masyarakat.
3. Meningkatannya kemampuan berpikir dan bertindak warga masyarakat dalam memecahkan masalah serta memenuhi kebutuhan hidup dan penghidupannya serta kemampuan untuk merencanakan , melaksanakan dan mengevaluasi program – program pembangunan di daerahnya.
4. Meningkatan kemampuan dan partisipasi Perguruan Tinggi untuk kekerjasama dengan pemerintah maupun pihak – pihak lainnya dalam pembangunan masyarakat . Disamping itu juga KKN Tematik – Posdaya dapat memberi masukan bagi pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan pembanguanan.
5. Tercapainya perubahan kerah pembangunan masyarakat yang lebih maju, kreatif dan produktif. Sehingga terwujud kondisi sosial ekonomi yang dirasakan lebih harmonis.
6. Meningkatnya pengertian, penghayatan dan pengalaman mahasiswa tentang cara berpikir dan bekerja interdispliner dan lintas sektoral, kegunaan hasil pendidikan bagi pembangunan, dan kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan serta keseluruhankonteks masalah pembangunan pengembangan daerah.
7. Meningkatnya kedewasaan alam pikir mahasiswa dalam penelaah dan pemecahan masalah yang ada di masyarakat secara pragmatis.
8. Terbentuknya Posdaya sebagai sarana pemberdayaan keluarga dan penduduk untuk pengembangan SDM pengentasan kemiskinan.
9. Terbentuknya pengurus Posdaya melalui fasilitas yang diberikan atau diupayakan oleh mahasiswa yang dilakukan melalui pemanfaatan potensi SDM dan sumber daya lainnya yang ada di sekitar mereka.
10. Unswagati lebih terarah dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat dengan adanya umpan balik sebagai hasil intergrasi antara mahasiswa dengan masyarakat.
VII. KONDISI DAERAH SASARAN KKN
7.1 Lokasi Pelaksanaan
Lokasi tempat KKN bertempat di Desa Suci Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, dengan batas-batas sebagai berikut:
Sebelah utara : Desa Mundu Pesisir
Sebelah selatan : Desa Banjar
Sebelah barat : Desa Kalijaga
Sebelah timur : Desa Mundu Pesisir
7.2 Analisis Situasi dan Kondisi
Kondisi secara umum Desa Suci berdasarkan hasil obsevasi lapangan adalah sebagai berikut:
· Jumlah warga
Jumlah warga di Desa Suci tergolong lebih sedikit dibandingkan di beberapa desa di Kecamatan Mundu dengan jumlah sebanyak 3205 jiwa.
· Pendidikan
Pendidikan masyarakat di desa Suci sudah mulai tumbuh dengan baik, hal ini dibuktikan dengan keinginan masyarakat untuk sekolah minimal SMA. Namun tidak dipungkiri bahwa masih ada penduduk yang buta aksara, namu hal ini hanya berjumlah 115 orang dari seluruh penduduk di desa suci.
· Pekerjaan
Sebagian besar warga di Desa Suci bekerja sebagai buruh di pabrik-pabrik dan sebagian lagi bekerja sebagai petani di desanya. Hal ini mengakibatkan suasana lengang ketika menjumpai suasana desa ketika pagi sampai siang hari.
· Kondisi ekonomi
Perekonomian di Desa Suci termasuk ke dalam desa yang pertumbuhan ekonominya baik, hal ini terbukti dengan kondisi bangunan rumah di tiap-tiap kepala keluarga. Dimana hampir setiap rumah bisa dikategorikan rumah layak huni.
· Sosial budaya
Kehidupan sosial budaya di Desa Suci sangat baik dikarenakan jiwa gotong royong yang masih kental dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan dalam pendirian sebuah rumah, masyarakat bergotong royong dalam mendirikan rumah yang akan dibangun. Selain itu, ketika diadakan kerja bakti dalam pembersihan keadaan lingkungan maka dengan satu komando dari ketua RW atau Perangkat desa, masyarakat akan ramai-ramai melaksanakan kegiatan tersebut.
· Kondisi pengamalan ibadah
Untuk keadaan pengamalan ibadah sudah cukup baik dikarenakan tempat-tempat ibadah di Desa Suci sudah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar. Jadi, pengamalan ibadah tidak perlu dipertanyakan lagi.
· Jumlah masjid dan mushola
Untuk jumlah masjid di Desaada 1 dimana letaknya sangat strategis yaitu di seberang jalan utama dan mushola sudah ada beberapa yang terletak di blok masing-masing dengan posisi yang startegis pula.
Bidang kegiatan yang dipilih dapat dijelaskan sebagai berikut:
Bidang | Kondisi di Desa Suci |
Pendidikan | Pendidikan secara garis luar sudah baik, tetapi ketika dilihat lebih seksama ternyata ada beberapa kelemahan mulai dari sarana dan prasarana, SDM, teknik mengajar,dll. |
Lingkungan | Secara sekilas kondisi lingkungan sudah bersih, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipehatikan. Mulai dari ketersediaan TPA, tong sampah yang berbeda untuk sampah organic dan anorganik, pemanfaatan lahan kosong dll. |
Ekonomi | Jiwa wirausaha yang ada di masyarakat baru mulai tumbuh dan belum berkembang secara maksimal. Hal ini dibuktikan dengan pekerjaan warga yang sebagian memilih sebagai pekerja bukan pemilik lapangan pekerjaan (wirausaha). |
7.3 Analisa Permasalahan
Analisis situasi kondisi (SWOT) bidang kegiatan yang akan dilaksanakan :
A. Pendidikan
· Strength (Kekuatan)
Paradigma masyarakat tentang pentingnya pendidikan sudah ada
· Weakness (Kelemahan)
Sarana, prasarana, SDM dan teknik mengajar
· Opportunity (Peluang)
Bisa menjadi desa yang maju secara IPTEK
· Treath (Ancaman)
Paradigma tentang sekolah kota lebih baik
B. Lingkungan
· Strength (Kekuatan)
Tingkat kebersihan lingkungan yang sudah baik
· Weakness (Kelemahan)
Tempat pembuangan sampah akhir yang belum ada dan pembedaan terhadap sampah organik dan anorganik.
· Opportunity (Peluang)
Pemanfaatan sampah organik untuk pembuatan pupuk kompos dan anorganik (plastic) untuk dijual.
· Treath (Ancaman)
Tidak adanya tempat pembuangan akhir untuk sampah.
C. Ekonomi
· Strength (Kekuatan)
Masyarakat sudah mulai mau untuk berwirausaha
· Weakness (Kelemahan)
Permodalan dan sistem pemasaran
· Opportunity (Peluang)
Muncul pengusaha-pengusaha muda yang dapat membangun perekonomian desa
· Treath (Ancaman)
Permodalan dan pengembangan usaha kecil
2.2. Langkah Pemecahan Masalah
Langkah-langkah pemecahan masalah dengan memperhatikan situasi kondisi yang ada di lokasi KKN, yaitu:
No. | Bidang | Langkah-langkah pemecahan masalah |
1. | Pendidikan | · Melakukan observasi ke lembaga-lembaga pendidikan yang ada. · Mencari permasalahan yang dihadapi. · Memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. · Merealisasikan solusi yang sudah ditemukan. |
3. | Lingkungan | · Melakukan observasi ke lingkungan sekitar desa. · Meneliti permasalahan yang ada terkait lingkungan. · Memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada dan mungkin untuk dilaksanakan. · Merealisasikan solusi yang sudah ditemukan. |
4. | Ekonomi | · Melakukan observasi ke lingkungan desa. · Mencari permasalahan yang ada. · Memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. · Merealisasikan solusi yang sudah ditemukan. |
VIII RENCANA PROGRAM KERJA
Terlampir
SUSUNAN TIM KKN
Terlampir
ANGGARAN DANA
Terlampir
PENUTUP
Keberhasilan program kerja Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) ini tidak hanya bergantung pada tim Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) semata namun sangat bergantung pada kerjasama semua pihak yang terkait. Oleh karena itu bantuan dan dukungan baik moril maupun material sangat kami harapkan.
Lampiran I
SUSUNAN TIM KKN POSDAYA
DESA SUCI KECAMATAN MUNDU
KABUPATEN CIREBON
Penanggung jawab : Prof. Dr. H. Rochanda Wiradinata, MP
(Rektor Unswagati)
Penasehat : Kepala Desa Suci, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon
Koordinator Mahasiswa Desa : Hengki Setiawan
(Pendidikan Bahasa Indonesia)
Sekretaris : Maya Pertiwi
(Pendidikan Bahasa Indonesia)
Bendahara : Yulinda Dwi Anggraeni
(Fakultas Akuntansi)
Penanggung Jawab Bidang :
-Lingkungan : Resty Cahyani (Pendidikan Ekonomi)
Herfien A F (Administrasi Negara)
Nur Alita Fauziah (Administrasi Negara)
Nourma Deavianty (Ilmu Komunikasi)
Heryanto (Pendidikan Ekonomi)
-Pendidikan : Roysmanto (Pendidikan Bahasa Inggris)
Dewi Sri W. (Pendidikan Matematika)
Endah P (Pendidikan Ekonomi)
Ika N. A. (Pendidikan Matematika)
Rima Anesti (Pendidikan Bahasa Inggris)
Astri S. K (Pendidikan Bahasa Indonesia)
-Ekonomi : Bowo Agung N. (Manajemen)
Ahenda Wijaya (Akuntansi)
Jodan C. (Akuntansi)
Winda Aristiarini (Manajemen)
Awan Sari (Akuntansi)
Tri Subono (Agribisnis)
No. | Bidang | Permasalahan | Alternatif Solusi | Usulan Kegiatan |
1. | Pendidikan | Anak-anak kurang bisa berbahasa inggris | Memberikan pelatihan berbahasa inggris | Pelatihan bahasa inggris |
2. | Pendidikan | Pembekalan baca, tulis dan hitung yang kurang maksimal pada anak-anak | Memberikan pelatihan baca, tulis dan hitung | pelatihan baca, tulis dan hitung |
3. | Pendidikan | Pemuda tidak memiliki keahlian khusus | Memberikan pelatihan computer | Pelatihan computer dasar |
4. | Ekonomi | Ketergantungan masyarakat terhadap pekerjaan sebagai buruh | Mengadakan seminar kewirausahaan | Seminar kewirausahaan |
5. | Ekonomi | Tidak terdapat koperasi unit desa | Menggerakan masyarakat untuk membuat koperasi | Sosialisasi dan pembuatan koperasi |
6. | Lingkungan | Ketidaktahuan masyarakat tentang sampah organik dan non-organik | Memberikan penyuluhan tentang sampah organik dan non-organik | Penyuluhan tentang sampah organik dan non-organik |
7. | Lingkungan | Tidak terdapat tempat sampah yang bebeda untuk sampah organik dan non-organik | Membuat tempat sampah organik dan non-organik | Pembuatan tempat sampah organik dan non-organik |
8. | Lingkungan | Tidak terdapat tanaman obat-obatan herbal di pekarangan warga | Membuat apotik hidup di sebuah pekarangan | Pembuatan apotik hidup di sebuah pekarangan |
9. | Lingkungan | SDM di posyandu yang kurang | Menambah jumlah SDM di posyandu | Ikut dalam pelaksanaan layanan posyandu yang ada |
LAMPIRAN II
PROGRAM KERJA KKN POSDAYA
1. PROKER DAN PENJELASANNYA
2. PROKER DAN WAKTU PELAKSANAANYA
1. Program Kerja Bidang Pendidikan
NO | PROKER | KET. | WAKTU | TEMPAT | JAM |
1 | Program Bimbel | Calistung | Senin s/d Rabu | Posko | 16.00-17.30 |
B. Inggris | |||||
Matematika | |||||
2 | Rumah Pintar | B. Inggris | Kamis s/d Jumat | SDN | 14.00-17.00 |
Matematika | |||||
Calistung | |||||
3 | Ayo Mengaji | Pemberian pengajaran ilmu Tajwid pada masyarakat | senin s/d Jumat | Musholah | 18.00 -19.00 |
4 | Pengajaran SDN | Memberikan bantuan tenaga pengajar di SDN 1 Suci | Senin, Rabu, Jumat | SDN 1 Suci | 09.00-10.00 |
5 | Perintisan "KPI" (Komunitas Pecinta Ilmu) | Pembetukan organisasi pecinta ilmu di desa suci. | 20 Agustus 2014 | Karang Taruna | 20.00- 21.30 |
6 | Musholah International | Pemberian pengajaran B.Inggris di mushola | Selasa dan Kamis | Mushola | 19.30-20.30 |
2. Program Kerja Bidang Ekonomi
No | Kegiatan | Ket. | Waktu | tempat | Jam |
1 | Seminar kewriausahaan | Memberikan penyuluhan terhadap ibu-ibu PKK tentang kewirausahaan | 19-08-14 | Pelataran kantor kuwu | 13.00-Selesai |
2 | Pelatihan keterampilan ibu PKK | Pembuatan kerajinan tangan kain “panel” | 21-08-14 | Ruang PKK | 20.00/21.30 |
3 | Pelatihan pembuatan dodol mangga | Pemanfaatan buah mangga di daerah sekitar | 23-08-14 | Posko KKN Suci | 14.00-17.00 |
4 | Pencarian “link” penjualan hasil produksi rumahan | Membantu pemasaran produksi | 01-09-14 | Pelataran MASJID Suci | 15.30-17.00 |
5 | Peritisan koperasi unit desa (KUD) | Membantu pemerintah desa dalam membangun KUD | 04-09-14 | Balai Desa Suci | 20.00-22.00 |
3. Program Kerja Bidang Lingkungan
No | Kegiatan | Ket. | Waktu | tempat | Jam |
1 | Penyediaan tempat sampah | Menyediakan tempat sampah di setiap blok | 20-08-14 | | 08.00-12.00 |
2 | Pemanfaatan lahan kosong untuk sayuran | Penanaman Sayur bayam dan kangkung di pekarangan warga | 22-08-14 | Pelataran Masjid Desa Suci | 10.00-15.00 |
3 | Pelatihan Lubang Resapan Biopori (LRB) | Memberikan pengarahan pembuatan lubang resapan air. | 25-08-14 | Posko | 10.00-12.00 |
4 | Penyuluhan tentang sampah organik dan anorganik | Membantu masyarakat dalam pengolahan sampah | 30-08-14 | Posko | 16.00-17.30 |
5 | Penyediaan apotik hidup | Pemanfaatan lahan kosong dengan menanam tanaman obat. | 31-08-14 | Pekarangan Masjid Desa Suci | 14.00-17.30 |
LAMPIRAN III
ANGGARAN DANA
KKN TEMATIK POSDAYA TA. 2014/2015
UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON
- Bidang Pendidikan
- Alat tulis : Rp. 50.000,-
- Papan Tulis : 3X@ Rp. 60.000,- Rp. 180.000,-
- Kertas A4 : Rp. 40.000,-
- Spidol : 4X@ Rp. 3000,- Rp. 12.000,-
- Isi tinta printer : Rp. 40.000,-
- Service Printer : Rp. 150.000,-
- Terminal : Rp. 150.000,-
- Amplop : Rp. 12.000,-
- Spanduk Kegiatan KKN : 2X@ Rp. 38.000,- Rp. 76.000,-
TOTAL: RP. 710.000,-
- Bidang Lingkungan
- Tempat sampah 15X@30.000,- Rp. 450.000,-
- Pembelian bibit tanaman bayam dan Kangkung Rp. 300.000,-
- Pembelian tanaman obat Rp. 320.000,-
TOTAL: Rp.1.070.000,-
- Bidang Ekonomi
- Dana transportasi Rp. 100.000,-
- Dana Pemateri Rp. 200.000,-
- Pembelian kain panel Rp. 150.000,-
- Pembelian alat jahit Rp. 95.000,-
- Pembelian Buah mangga Rp. 100.000,-
TOTAL: Rp. 645.000,-
REKAPITULASI DANA
1. Bidang Pendidikan Rp. 710.000,-
2. Bidang Lingkungan Rp. 1.070.000,-
3. Bidang Ekonomi Rp. 645.000,-
TOTAL Rp. 2.425.000,-
0 komentar:
Posting Komentar