Pages

Subscribe:

Kamis, 07 Agustus 2014

PALING DAN TER-

“Ter atau Paling” Dalam Nahjul Balaghah

Ter atau Paling

Ucapan Imam Ali as
Nahjul Balaghah

Penyesalan Terbesar

Pada Hari Pengadilan, penyesalan yang terbesar akan dirasakan oleh orang yang mendapatkan kekayaan melalui cara-cara dosa, tetapi diwarisi oleh orang yang membelanjakannya dalam menaati Allah Yang Mahasuci dan diganjari surga karenanya, sementara orang pertama itu masuk neraka karenanya.
Hikmah 429
Aib Terbesar
Aib terbesar ialah memandang aib (pada orang lain), padahal aib itu ada pada diri Anda.
Catatan: Aib apa yang lebih buruk ketimbang mengkritik aib- aib itu pada diri orang lain padahal aib itu ada pada dirinya. Keadilan menuntut bahwa sebelum melemparkan pandangan pada aib orang lain, orang harus melihat aibnya sendiri dan menyadari bahwa aib adalah aib, baik pada orang lain maupun pada diri sendiri.
Seorang pujangga menulis, "Melihat cacat orang lain tidaklah pantas dan tidak pula satria. Lebih baik melihat diri, karena Anda penuh dengan cacat."
Hikmah 353
Kematian Terbesar

Kemiskinan adalah kematian terbesar.

Hikmah 163
Zuhud Terbaik

Zuhud terbaik ialah zuhud yang disembunyikan.

Hikmah 28
Pengetahuan Yang Paling Mulia
Pengetahauan yang paling mulia ialah yang terwujud dalam (amal perbuatan) melalui anggota dan organ tubuh.

Hikmah 92

Kekayaan Terbaik
Kekayaan yang terbaik ialah meninggalkan hawa nafsu.
Hikmah 34
Orang Yang Paling Layak Memaafkan
Yang paling mampu memaafkan ialah orang yang paling berkuasa untuk menghukum.

Hikmah52

Orang Yang Terdekat Dengan Para Nabi

"Orang-orang yang paling terpaut pada para Nabi adalah orang-orang yang mengetahui apa yang telah dibawa para nabi." Kemudian Amirul Mukminin membacakan, "Sesungguhnya orang yang paling dekat kepada Ibrahim tentulah orang-orang yang mengikutinya dan Nabi ini (Muhammad) dan orang-orang yang beriman." (QS. 6:6) Kemudian ia berkata, "Sahabat (Nabi) Muhammad saw adalah orang yang menaati Allah, sekalipun ia tidak berhubungan darah, dan musuh Muhammad adalah orang yang tidak menaati Allah sekalipun ia keluarga dekat."
Hikmah 96
Harta Yang Paling Menguntungkan
Tak ada kekayaan yang lebih menguntungkan ketimbang kebijaksanaan (akal)…tak ada pikiran sebaik kebijaksanaan(akal)…
Hikmah 113
Kota Terbaik
Tak ada kota yang mempunyai hak lebih besar pada Anda ketimbang yang lainnya. Kota yang terbaik bagi Anda ialah kota yang menerima Anda (membuat Anda merasa tenang di dalamnya).
Hikmah 442
Saudara Terburuk
Saudara terburuk ialah yang kepadanya formalitas harus dilakukan.
Sayid Radhi mengatakan: Ini disebabkan karena formalitas tak terpisahkan dari kesukaran dan ini suatu keburukan yang disebabkan oleh saudara yang harus diperlakukan dengan formalitas. Akibatnya, ialah yang terburuk dari semua saudara.
Hikmah 479
Pembicaraan Terburuk
Ingatlah, pembicaraan yang terburuk ialah pembicaraan yang tak benar (dusta).
Khutbah 84
Wazir atau Menteri Terburuk
Menteri yang terburuk bagi Anda ialah yang telah menjadi menteri bagi orang-orang jahat sebelum Anda, dan yang bergabung dengan mereka dalam dosa. Oleh karena itu, mereka tak boleh menjadi orang utama Anda, karena mereka adalah pembantu para pendosa dan saudara para penindas.
Surat 53
Pengetahuan Yang Paling Rendah
Pengetahauan yang paling rendah ialah apa yang tinggal di lidah.
Hikmah 92
Bencana (fitnah) Yang Paling Menakutkan
Ingatlah bahwa bencana (fitnah) yang paling menakutkan bagi Anda di mata saya ialah bencana Bani Umayyah, karena bencana itu buta dan menciptakan kegelapan pula. Melandanya umum tetapi akibat buruknya adalah bagi orang-orang tertentu. Orang yang tetap berpandangan cerah di dalamnya akan tertimpa kesedihan, dan orang yang tetap buta di dalamnya akan menjauhi kesedihan itu. Demi Allah, Anda akan mendapatkan, Bani Umayyah se-sudah saya adalah orang yang terburuk bagi Anda, seperti unta betina tua pembangkang yang menggigit dengan mulutnya, memukul dengan kaki depannya, menendang dengan kaki belakangnya, dan menolak untuk diperahi susunya. Mereka akan tetap menguasai Anda sehingga mereka hanya akan meninggalkan di antara Anda orang-orang yang bermanfaat bagi mereka atau orang-orang yang tidak merugikan mereka. Petaka mereka akan berlanjut hingga permintaan tolong Anda pada mereka menjadi seperti permintaan tolong oleh budak pada tuannya, atau pengikut kepada pemimpinnya.
Khutbah 93
Orang Yang Paling Layak Untuk Kemuliaan
Orang yang paling pantas untuk kedudukan mulia ialah orang yang menurun dari orang-orang mulia.
Hikmah 436
Orang Yang Paling Tidak Berdaya
Yang paling tidak berdaya (lemah) dari semua manusia ialah orang yang tak dapat beroleh beberapa saudara dalam hidupnya, tetapi yang lebih tidak berdaya lagi ialah orang yang mendapat saudara tetapi menghilangkannya.
Hikmah 12
Dosa Terberat
Dosa yang terberat ialah dosa yang dipandang enteng oleh pelakunya.
Hikmah 477
Kesendirian Yang Paling Berbahaya
Tak ada kesendirian yang lebih menyeramkan ketimbang ‘ujub (puji-diri).
Hikmah 113
Kekayaan Terbesar
Kekayaan yang terbesar ialah tidak menaruh mata pada kepunyaan orang lain.
Hikmah 342

0 komentar:

Posting Komentar