Untuk masalah caranya sih sebenernya banyak, hanya saja kali ini saya akan menggunakan Google Docs. Mungkin sebagian dari kalain sudah pernah mendengar, bahkan mungkin sudah banyak postingan seperti ini atau bisa di bilang ratusan. Tapi karena masih ada teman saya yang masih belum bisa trus meminta saya untuk mempostingnya. Yasudah, langsung ke TKP saja :)
Langkah 1 : upload file ke docs.google.com
Langkah 1 : upload file ke docs.google.com
- Silahkan login dengan account gmail anda ke alamat yang diatas.
- Klik tab Upload yang berada di sebelah kiri atas layar monitor anda. ( lihat gambar )
- Pilih files, masukan file yang ingin anda upload (word, excel, powerpoint, pdf)
- Kalau sudah memilih file yang akan di upload, klik open.
- Setelah meng-klik open akan muncul peringatan "Upload setting" seperti gambar dibawah, jangan lupa untuk mencentang "Convert documents, presentations, spreadsheets, and drawings to the corresponding Google Docs format" ( lihat gambar )
Tapi jika tampilan di atas tidak muncul, itu dikarenakan "Upload Setting"nya belum dirubah. Anda lihat di pojok kanan atas, dibawah foto, ada menu Dropdown yang bergambar seperti "Gear", Pilih "Upload Settings" , Lalu pilih "Confirm Settings Before Each Upload". Tinggal upload ulang deh file tadi, pasti tampilan di atas akan terlihat.
Langkah 2 : Meng-Embed file
- Setelah selesai upload, buka atau klik file yang telah diupload. Setelah mengklik, maka akan muncul halaman yang berisi dokumen tersebut, fokuslah ke bagian menu kiri halaman tersebut.
Pilih File => Embed This PDF File... ( ini untuk contoh format PDF )
- Selanjutnya, copy lah code yang muncul setelah anda mengklik "Embed This PDF File...." dan letakkan ke blog/postingan blog anda,
Catatan:
Kode tersebut dimasukan di dalam posting blog dalam mode Edit Html (Bukan Compose)
Berikutlah salah satu cara meng-upload file excel, word, Powerpoint, dan Pdf ke postingan blog. Semoga tutorial yang sederhana ini bisa bermanfaat bagi anda. Amieeen :)
0 komentar:
Posting Komentar